Jumat, 21 Agustus 2009

Mencret…

biasanya pada manusia penyakit ini dianggap sepele karena tidak menyebabkan kematian…namun tidak halnya dengan kelinci. Bisa dibilang ini adalah salah satu penyakit mematikan pada kelinci. Pengalaman Kami, jika kelinci tidak smbuh dari mencret selama 3 hari, maka kemungkinan selamatnya sangat kecil.

Lalu apa penyebabnya?ada beberapa sebab,…

yg pertama dan paling sering adalah krn salah makan. Biasanya mencret seperti ini ditandai dengan kotoran yg lembek/basah. Mmg ada obat khususnya(khusus kelinci),…tp biasanya dengan memberikan diapet 0.25 dosis anak bisa menanggulangi penyakit ini. Penyebab lainnya adalah infeksi dan cacingan. Ciri2nya jika kotorannya berwarna hitam pekat itu disebabkan karena cacingan,…sedangkan jika berwarna kemerahmerahan berarti disebabkan karena adanya virus.

Kalo sudah terdeteksi mencretnya disebabkan krn cacingan,…sebaiknya kita cek kembali kualitas pakan dan air minum yg diberikan. Tp kl karena virus,…sebaiknya segera ke dokter hewan untuk vaksin/obat, dan lakukan hal yg sama kepada seluruh kelinci…krn tidak menutup kemungkinan akan menyebar. Selain itu,…bersihkan jg kandang secaar menyeluruh dengan disinfektan.

Semoga bermanfaat,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar