Minggu, 03 Juli 2016

Panduan Lengkap Budidaya Kelinci Untuk Pemula



Dilihat dari segi ekonomi dagingnya yang semakin bergolak, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempertimbangkan bisnis budidaya kelinci. Bisnis ini cara terbaik yang saya ketahui, dengan menjual daging dan beberapa rupiah masuk saku anda, tanpa harus investasi besar adalah beternak kelinci. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan banyak cara: Anda bisa menjual urin untuk penggunaan laboratorium, dan pupuk-pupuk. Namun, daging adalah produk paling penting.




Kelinci



Saya akan menceritakan atau memberi panduan bangaimana untuk memulai budidaya kelinci dengan sedikit modal, tanpa adanya barang-barang mahal yang disebut oleh pakar anda harus memilikinya. Saya akan mencoba untuk membahas semua tahap dan membatu pemula terhindar dari jebakan yang tidak disebutkan dalam buku-buku atau panduan lain dengan panduan ini. Namun, pengalaman adalah guru terbaik.







Panduan Budidaya Kelinci


Sebuah Gudang Kelinci

Banyak pemilik ternak kelinci menggunakan halaman belakang rumah untuk lokasi. Penting untuk menyesuaikan lokasi gudang untuk meningkatkan bisnis kelinci anda.



Kelinci-kelinci saya simpan di bangunan yang saya bangun dengan mengutamakan nyaman untuk kelinci. Hal ini sangat penting. Gudang yang saya bangun dengan lebar 16 kaki, dan panjang 24 kaki, dan dibangun dari bahan murah dengan biaya kurang lebih Rp. 2.000.000. Dengan tinggi atap 12 kaki di pusat dan sisi lereng 8 kaki. Saya hanya memasang 3 jendela kecil di dinding. Di sisi belakang menghadap selatan berengsel. Atap bisa dibuka dan tetap dibiarkan terbuka saat musim panas. Pada dinding juga disertkan kipas untuk keluar dan masuk udara.



Kandang ini memiliki lantai kotoran... ini sangat penting, untuk menyerap urin. Selain itu memudahkan saat membersikannya dan juga mengurangi bau. Selain itu permukaan harus dicuci setiap hari.



Saya memiliki meja penyembelihan di sudut depan bangunan dengan ketebalan ganda 1 inci. Lebarnya 36 inci dan panjang 48 inci. Dan ada kantong plastik di ujung meja, sehingga yang tidak diperlukan bisa disatukan dan dibuang ke ember besar dan saya bisa memberinya pada ayam.





Kadang Kelinci


Kandang harus disediakan sebelum anda mendapatkan kelinci awal anda. Masing-masing kelinci harus memiliki ruang lebar dua kaki, panjang tiga kaki dan tinggi dua kaki... jadi akan ada ruang untuk bermain. Berapun ukuran kandang, itu harus diangkat cukup tinggi dari tanah supaya mudah menyapu atau sekop pupuk keluar.



Jika anda berniat untuk membagi kandang sepanjang bangunan sebaiknya menggunakan kayu bukan kawat untuk dinding internal. Kawat cenderung berkarat. Partisi dengan 1 x 4 sempit antara papan jauh lebih memuaskan. Meskipun kelinci akan sedikit mengunyah kayu, tapi itu tidak akan membuat mereka sakit, kebiasaan ini umunya tidak masalah.



Jika anda membuat kandang bersusun, pada tingkat yang lebih rendah harus ada atap logam setidaknya dengan kemiringan enam inci dan bagian atas dinaikkan enam inci di atas penutup ini. Ruang intertervensi mememungkinkan anda bisa menekan puing-puing dari atas kandang tanpa menjatuhkan mereka.



Penting, jangan biarkan kandangnya lembab. Kelembaban akan menyebabkan bau busuk, membuat berantakan, dan tidak baik untuk kesehatan kelinci.



Pemakan Dan Minum

Pengumpan kelinci dengan otomatis memungkinkan terlalu banyak tumpahan. Memberi minum kelinci dengan gaya dot sangat kecil kemungkinan cairan tumpah dan cara ini lebih mudah dan menghemat biaya. Anda juga bisa membuatnya sendiri tanpa mengeluarkan banyak biaya.



Persedian Induk

Oke, kandang dan perlengkapan sudah siap dan sekarang waktunya memilih persedian awal untuk budidaya kelinci anda. Anda bisa melakukan ini dengan mudah. Anda tidak perlu membeli kelinci dari tempat jauh dari lokasi anda, tetapi jika anda melakukannya, jangan mencoba untuk membeli dengan jasa pengiriman pesawat udara. Karena maskapai penerbangan tidak dilengkapi untuk menangani ternak.



Namun saya menyarankan untuk membelinya pada lokasi terdekat dengan anda, dan pilihlah kelinci muda.. maka anda harus memberi makan kelinci-kelinci anda sementara sebelum mereka dewasa. Kelinci-kelinci anda butuh waktu untuk membiasakan dan beradaptasi dengan rumah baru mereka .

Awal yang baik untuk pemula adalah dua atau tiga , tergantung pada jumlah kadang yang anda punya. Untuk jenis kelamin anak kelinci, tidak bisa ditentukan dengan mata telanjang, jadi bagaimana cara anda mengetahuinnya? Anda dapat bertanya pada penjual, tetapi anda juga harus memastikan. Caranya, ambil anak kelinci pegang kelinci tersebut lalu balikkan, jika ada tonjolan panjang dan bulat dengan lekuk bulat di bagian tengahnya berarti berjenis kelamin jantan. Dan anak kelinci betina tonjolannya lebih pendek dan ditenganya terdapat celah.



Untuk harganya sudah pasti berbeda, karena tiap daerah berbeda harga jualnya. Anda bisa mengetahuinya dengan bertanya langsung pada penjual.




Perawatan Dan Memberi Makan


Pada awalnya, anda mungkin berkata "Oh, mereka lucu sekali!". Mereka adalah ternak, hewan peliharaan dan sangat baik untuk ternak, juga (bersih dan paling bebas dari semua penyakit).

Setiap hewan memiliki temperamen sendiri.. tapi budidaya kelinci mudah untuk ditangani. Ketika anda mengangkat kelinci, pegang punggung dengan salah satu tangan. Setelah terangkat gunakan tangan yang satu untuk mendukung pada bagian pantat. Hal ini harus dilakukan dengan tenang dan kasih sayang. Jangan mengangkat kelinci dengan memegang pada dua telinganya. Hal ini bisa mengakibatkan saraf telinga akan rusak karena telinga dapat berakibat kepala bisa miring dan cacat seumur hidup.



Daerah kelinci yang paling sering memiliki masalah kesehatan adalah kaki. Luka pada bantalan dapat diobati dengan kapas jenuh dengan Campho Phenique, dapat diperoleh di toko obat. Nyeri juga bisa ditangani dengan cara yang sama, tapi anda harus menempatkan tambahan jerami di dalam kandang.

Lalat-lalat membuat kelinci terganggu di musim panas, tapi bisa di atasi dengan strip terbang yang di jual di toko umum. Jangan menggunakan semprotan di sekitar ternakan anda. Karena akan mempengaruhi pernapasan kelinci dan dapat membunuh mereka.



Pakan pelet sekitar tiga ons per hari per kelinci. Dan berilah mereka air bersih dan segar yang banyak. Makanan tambahan dengan memeberikan segenggam daun jerami atau selada, atau bisa juga kubis sesekali.



Kelinci ternakan anda harus memiliki sebuah gulungan garam, dapat di peroleh dari pedagang pakan. Suplemen juga harus terpasang pada kandang sehingga kelinci bisa menjilat. Lakukan hal itu selama tiga bulan.




Pembiakan Kelinci


Ini adalah salah satu proses yang ditunggu-tunggu dalam budidaya kelinci. Kelinci berjenis kelamin jantan sudah siap untuk berkembang biak pada usia menginjak 6 bulan. Masuk kedalam kandang untuk mengawinkan, bukan sebaliknya. Jangan terkejut bila kelinci jatah jatuh beberapa saat setelah kawin (ini adalah hal yang normal) dan tidak langsung lepas. Biarkanlah kelinci-kelinci anda hanya untuk memastikan (biarkan mereka bersama-sama sekitar 15 menit).

Catatlah tanggal kawin pada lembar kertas dan tempel di bagian depan kandang. Catat kelinci jantan yang telah kawinkan, karena kelinci jantan seharusnya tidak kawin terlalu sering, usahakan empat hari sekali. Saya juga menyarankan mencatat tiap pasangan sehingga anda akan tahu mana yang lebih produktif.



Anda harus menyediakan kandang khusus pada 25 hari setelah kelinci betina berkembang biak. Dengan ukuran harus sekitar 12 x 18 inci, dan tinggi 4 inci. Anda dapat membelinya di toko-toko atau super market. Betina akan melahirkan dengan sendirinya, tapi anda bisa membantu dengan memberinya sedikit jerami untuk memudahkannya. Usia kehamilan kelinci berkisar 30-32 hari.



Kelinci bisa melahirkan 4-5 kali dalam 1 tahun. Dalam satu masa melahirkan kelinci bisa melahikan sekitar 13-15 anak sekali lahir.  Jika betina telah memproduksi untuk rentang waktu 5 tahu, saya sarankan untuk menggantinya dengan kelinci yang lebih muda.



Menyembelih



Sebelum memotong kelinci anda harus terlebih dahulu mengetahui cara menguliti dan mermebersihkan organ-organ dalamnya, setelah itu baru masuk tahap berikutnya dengan menjual untuk menghasilkan uang maupun dimasak untuk makanan. Mungkin memotong kelin bisa jadi latihan untuk anda sebelum memotong hewan yang lebih besar. Namun dengan badan kelinci yang kecil maka, akan sangat memudahkan anda untuk memprosesnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.



Lakukanlah dengan cepat agar rasa sakit yang dirasakan kelinci tidak begitu parah.

Tangkap terlebih daulu kelincinya, lalu pegang pada bagian kaki dan kemudian potong urat nadi pada leher dengan gerakan menyayat sampai urat nadi putus.

Selanjutnya kelinci digantung untuk menguras darah. Pisahkan bagian kepala terlebih dahulu sebelum menguliti. Setalah itu gantung kelinci dengan mengikatnya pada bagian kaki belakang dan sediakan ember dibawahnya untuk menampung darah yang berceceran.

Selanjutnya menguliti. Sebelumnya pastikan darahnya sudah habis, setelah itu baru anda dapat mengulitinya.



Setelah semua proses menguliti selesai, sekarang lanjut membersihkan organ perut. Lakukan dengan hati-hati saat memberi sayatan pada perut kelinci. Potong bagian hanya sampai bagian tulang rusuk saja. Pada bagian perut kelinci dagingnya sangat tipis, sehingga pada saat memotong isi perut lakukanlah dengan hati-hati. Anda bisa menyimpan bagian-bagian organ yang bisa anda manfaatkan. Seperti hati, jantung, dan ginjal bisa anda konsumsi.

Tahap berikutnya memotong kelinci jadi beberapa bagian. Pertama potong kedua kaki. Kedua misahkan daging perut atas dan bawah. Dan biarkan kelinci utuh bila anda ingin memanggangnya.




Penjualan Kelinci


Jika anda ingin menjual kelinci, cobalah untuk menjualnya dengan harga yang sesuai dengan pasaran. Penting untuk menarik kosumen dan menjadi pelanggan anda sehingga anda mendapatkan keuntungan tetap. Bila perlu berilah nomor telepon kepada pembeli anda. Hal itu akan memudahkan pembeli untuk memesan.



Buatlah pembeli anda merasa puasa setelah membeli kelinci dari anda. Dengan begitu kemungkinan besar mereka akan mempromosikan kepada teman-temannya atau tetangganya. Dan jangan lupa, berilah diskon kepada pembeli yang membeli dengan jumlah besar. Dengan begitu bisnis budidaya anda akan berkembang pesat.





Resep Masakan Kelinci


Omong-omong saya juga akan berbagi resep yang pernah saya baca di Facebook untuk anda-anda. Selain rasanya yang enak, daging kelinci juga sehat untuk dikonsumsi. Daging kelinci juga memiliki protein, kolesterol dan natrium yang amat bagus. Dan sangat baik bagi orang yanng memiliki penyakit asma.



Mungkin masih jarang yang menggemari olahan dari daging kelinci karena belum pernah menyicipnya atau merasa tidak tega memakan hewan lucu tersebut. Tapi dengan berjalannya waktu saya yakin daging kelinci akan digemari oleh banyak orang, karena selain enak juga bermanfaat bagi kesehatan dan menurut saya lebih enak dari daging ayam dan sapi. Bagi anda yang ingin tau resepnya bacalah teruslah membaca!



Saya akan berbagi resep membuat sate empuk dan juga lezat untuk disantap.                  

Siapkan bahan-bahan yang diperlukan:




  1. 1/2 kg daging kelinci yang sudah dipotong dadu

  2. Buatlah tusukan sate secukupnya.

  3. Dan minya goreng secukupnya.




Sediakan juga bahan bumbu:




  1. 1 sendok teh asam jawa.

  2. 2 cm kunyit.

  3. 4 butir bawang merah.

  4. Dan 1 sendok teh ketumbar.




Selanjutnya Bahan Bumbu Untuk Sambel Kacang:




  1. 4 buah cabe rawit (bisa di sesuaikan selera).

  2. 2 buah cabe merah (bisa di sesuaikan selera).

  3. 50 gram kacang tanah (sudah digoreng).

  4. Gula merah seperlunya.

  5. 3 butir bawang merah.

  6. kecap manis seperlunya. 

  7. Dan air secukupnya.




Langkah-langkah Membuat Sambal Kacang:




  1. Tuangkan kacang, cabe rawit, cabe merah, bawang merah dan gula merah kedalam coet yang sudah di siapkan lalu uleh dengan ulekan sampai halus.

  2. Selanjutnya tambahkan kecap manis seperlunya saja dan aduk sampai merata.




Langkah-langkah Membuat Sate Kelinci:




  1. Ambilah daging kelinci yang sudah dipotong dadu. Rebuslah dengan air mendidih jika anda ingin dagingnya lebih lunak.

  2. Selanjutnya, semua bumbu dihaluskan dan di simpan dalam wadah bersih.

  3. Setelah itu, campurkan dagingnya dengan bumbu dan diamkan beberapa menit sambil terus di aduk agar bumbu mudah meresap.

  4. Lalu buatlah 3-4 tusukan daging pada batang tusuk sate dan panggang sambil dibolak-balik sampai matang.

  5. Kemudian, simpanlah dengan rapi dalam piring dan lumuri bumbu yang sudah disiapkan tadi.

  6. Tambahkan beberapa irisan sayur dan bawang sesuai dengan selera anda.

  7. Selesai.




Selamat sobat sudah selesai membaca Panduan Lengkap Budidaya Kelinci Baik Dan Benar , saya akan senang jika sobat menjadikan referensi untuk memulai bisnis budidaya kelinci anda. Terima kasih telah membaca artikel saya dan selamat mencobanya!


Untuk lebih jelasnya lagi anda bisa menyaksiakan video di bawah ini!









Tidak ada komentar:

Posting Komentar