Jumat, 29 April 2011

Tips dan Trik Merawat Bayi Kelinci Hias atau Pedaging Tanpa Induk

Induk kelinci tidak terus-menerus bersama bayinya seperti induk karnivora. Induk kelinci menyusui bayinya hanya dua kali per hari, dan kemudian meninggalkan mereka sendirian. Ini normal dan alamiah. Di alam liar, jika induk kelinci tidak dalam proses memberi makan maka akan jauh dari sarang mungkin untuk menghindari predator untuk menarik bayi-bayinya.
kitsemingguJika induk kelinci tampak “mengabaikan”-nya seperti sampah sembarangan, bukan berarti anda boleh ikut campur. Jika perut bayi bulat dan penuh, mereka hangat, kulit mereka yang sehat, merah muda gelap, dan tidak terlalu keriput, dan mereka tidur dengan tenang di dalam sarang, berarti ibunya menyusui mereka. Jika bayi sangat kusut, dingin, berwarna kebiru-biruan, telah menyusut perut, dan mungkin bahkan merangkak mencari indukya, maka Anda mungkin harus turun tangan.
Sebelum memegang bayi kelinci, cuci tangan dengan baik dengan disinfektan sabun dan air panas. Tangan anda penuh dengan bakteri, tidak peduli seberapa bersih mereka mungkin terlihat, dan ini dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh bayi-bayi yang belum cukup dewasa untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri. Setelah bersih, gosok tangan Anda dengan sedikit jerami dan bulu induknya untuk bau tangan Anda.
Jika induk kelinci itu sehat dan aktif, bayi diletakkan di kotak sarang yang aman di tempat yang mudah diakses-nya. Kotak harus cukup dangkal untuk mama melompat masuk tanpa menginjak anak-anaknya, tapi terlalu tinggi untuk bayi untuk merangkak keluar. Pastikan induk melihat bayi di sarang dan dapat dengan mudah bergabung dengan mereka. Tempatkan kotak dan mama di tempat yang tenang, tempat menyendiri yang bersih dan biarkan ia berkenalan dengan lingkungan dan keluarganya lokasi.
Jika induk telah pisah dari bayi selama lebih dari 24 jam, dan menolak untuk memberi makan mereka, Anda dapat mencoba secara lembut, tapi tegas memeluknya atas bayi sampai mereka bisa mendapatkan makan. Membelai induk, berbicara dengan lembut dan mencintainya, membuatnya merasa aman. Setelah makan pertama, Anda mungkin akan tidak perlu melakukan ini lagi. Dia akan mengurus bayi sendiri.
Jika induk kelinci sakit, mati, atau menunjukkan agresi terhadap anak-anaknya, Anda mungkin harus menyingkirkan mereka dan memberi mereka makan tanpa bantuannya. Sebelum Anda mengambil tugas berat ini, pertimbangkan hal berikut:
Apakah bayi mendapat air susu ibu? Jika tidak, Anda akan harus menyediakan bayi dengan khusus, immunoglobin-kaya zat yang disebut kolostrum. Untuk beberapa hari pertama menyusui, seorang ibu mamalia menghasilkan kolostrum, yang mengandung antibodi yang membantu menghancurkan bakteri asing. Tanpa kolostrum “starter”, bayi memiliki kemungkinan hidup yang lebih rendah.
Kits 005
Jika bayi benar-benar anak yatim atau telah ditinggalkan oleh induk mereka, berikut adalah sebuah protokol yang sudah berhasil untuk kami.
1. Menjaga bayi dalam hangat (sekitar 75 – 78 Fahrenheit), tempat yang tenang di sebuah sarang yang mirip dengan yang dijelaskan di atas. (lapisan bulu adalah yang terbaik, tapi gumpalan kapas bersih akan lakukan sebagai pengganti. Hanya pastikan bahwa bayi tidak terjerat di dalamnya.) Jangan menggunakan bantal pemanas listrik. Dua atau lebih bayi biasanya bisa merapat satu sama lain dan tetap hangat jika mereka memiliki sarang yang baik dan empuk. Jika hanya ada satu bayi, botol air hangat yang dibungkus dengan handuk yang lembut dapat memberikan sumber panas buatan yang sangat baik, tetapi pastikan bayi dapat merangkak menjauh dari botol jika terasa terlalu hangat.
2. Kotak sarang harus berada di permukaan tanah, di sebuah ruangan di mana anak-anak kecil dan hewan peliharaan tidak diperbolehkan (setidaknya sampai bayi makan makanan padat dan keluar dari sarang). Selama beberapa hari pertama, menjaga ruangan relatif remang-remang dan tenang.
Resep Susu bayi kelinci
kambing susu segar – 1 / 2 cangkir
Kmr (Kitten Milk Replacer oleh PetAg) – 1 / 2 cangkir
lyophilized (beku kering) kolostrum – isi 10 kapsul, atau 1-1,5 sendok makan
heavy cream – 3 cc (yang cc sama dengan satu ml, atau mililiter), setara dengan sekitar 1 / 2 sendok teh
Campur semua bahan bersama-sama dalam sebuah wadah, dan kocok sampai kolostrum bercampur. Sebaiknya untuk mencampur ini beberapa jam sebelumnya sehingga kolostrum memiliki waktu untuk melunakkan.
Panaskan susu buatan sekitar 105 Fahrenheit. Dan tetap hangat dalam bak air saat Anda memberi makan bayi kelinci. Mereka umumnya lebih bersemangat untuk menerima formula hangat.
Prosedur Pemberian Pakan
Yang paling penting adalah untuk menghindari aspirasi (pengisapan) formula oleh bayi. Setetes kecil formula di paru-paru bisa menyebabkan radang paru-paru fatal dalam beberapa jam.
1. Menyucihamakan semua jarum suntik, botol, dan puting seperti petunjuk pada kantong desinfektan.
2. Duduk atau berbaring di lantai untuk memberi makan kelinci, menggunakan handuk sebagai bantal saat beri makan bayi. Bayi dapat melompat tiba-tiba dan tak terduga, karenanya Anda harus berada di lantai sehingga mereka tidak terlemparkan dari kursi atau meja dan melukai diri sendiri.
3. Pegang bayi horisontal di satu tangan, dan botol / tabung suntik yang lain. Jika Anda membungkus botol dalam handuk kecil atau kapas, lipat menjadi tirai di tangan Anda dengan puting menonjol keluar, bayi akan dapat “mendayung” dengan kaki depan, karena dia seakan di dada ibunya.
4. Bayi sering menolak pemberian makan pada awalnya, dan Anda harus mengatasi godaan untuk memaksa. Jika bayi meludah keluar dari puting, maka cukup basahi bibir bayi dengan setetes susu formula hangat jadi dia akan menjilatinya. Begitu dia menelan, ulangi prosedur berulang-ulang.
5. Jangan terlalu banyak memasukkan formula ke mulut bayi kelinci. Lebih baik untuk hati-hati daripada bayi harus tersedak susu!
6. Bayi kelinci mungkin kehilangan nafsu menyusu hanya satu atau dua hari. Jika bayi meraih puting dan mulai menyusu, biarkan dia melakukannya tanpa menambah tekanan apapun sendiri. Jangan meremas botol menyusui atau memberikan tekanan pada jarum suntik itu. Bayi harus dapat menyusui dengan kekuatan yang cukup untuk mengosongkan botol atau jarum suntik tanpa bantuan dari Anda. Jika Anda memberikan kekuatan tambahan, mungkin tanpa sengaja aliran susu datang terlalu cepat!
7. DALAM KASUS TINDAKAN ASPIRASI. Kami berharap hal ini tidak terjadi, tetapi jika aspirasi formula bayi, dapat benar-benar menghambat jalan napas dan menyebabkan bayi pingsan. Ini tidak harus menjadi hukuman mati, tapi manuver “Bunny Heimlich” berikut adalah satu-satunya harapan untuk menyelamatkan si kecil. Dan itu menakutkan.
Pegang bayi cukup kuat antara telapak tangan, satu di setiap sisi kelinci menstabilkan leher bagian belakang dan kuat sehingga mereka tidak bergerak sama sekali, mengangkat bayi di atas kepala, jadi hidungnya mengarah menuju ke angkasa. Gerakan ke bawah (tidak terlalu cepat!), ayunan bayi ke bawah menuju kaki Anda, (sangat berhati-hati untuk tidak datang terlalu dekat ke lantai!)
Ulangi prosedur dua atau tiga kali, seperti yang diperlukan. Berat dari organ bayi menekan diafragma ketika Anda mengayun ke bawah cukup memberikan tekanan untuk mengeluarkan udara dari paru-paru, serta susu yang memblokir jalan napas.
Setelah Anda merasa bayi mulai bergerak, hentikan segera manuver.
Konsultasikan dengan dokter hewan anda mengenai perlukah atau tidak untuk menempatkan bayi di profilaksis antibiotik untuk mencegah aspirasi pneumonia.
8. Sampai mereka membuka mata mereka (pada sekitar usia 10-12 hari), tangani bayi sesedikit mungkin ketika Anda tidak memberi makan / perawatan.
Berapa banyak memberi makan?
Informasi berikut mengenai kuantitas menyusui dari House Rabbit Society FAQ Orphaned Baby Feeding Rabbits, yang merupakan sumber bagus informasi tambahan mengenai topik ini.
Baru lahir untuk Satu Minggu:
dua – dua setengah cc / ml tiap-tiap makan (dua makan per hari).
CATATAN: Banyak bayi mamalia tidak dapat buang air kecil / buang air besar sendiri. Bayi kelinci akan memerlukan rangsangan perawatan ibu lidah pada perut mereka dan ano-genital daerah dalam rangka untuk melepaskan aliran air seni dan buang air besar. Untungnya, Anda tidak harus menggunakan lidah Anda.
Gunakan cottonball (atau bahkan yang sangat bersih dan didesinfeksi ujung jari) dibasahi dengan air hangat, dan dengan lembut tekan / gosok daerah urogenital sampai Anda merasakan otot-otot perut bayi yang tegang dan mendapatkan aliran pipis yang hangat! (Sekarang Anda mengerti mengapa kami menyarankan Anda menggunakan handuk di pangkuan Anda.) Agar bisa buang air kecil mungkin memerlukan waktu 15-20 detik rangsangan, atau bahkan lebih. Banyak sumber menyarankan melakukan ini sebelum menyusui, dan jika bekerja – baik. Namun, kadang-kadang rangsangan dari perut kenyang membuat ini lebih mudah. Jika bayi tidak buang air kecil sebelum menyusui, coba lagi setelah menyusui, dan Anda mungkin akan mendapatkan respon yang baik.
Kegagalan untuk merangsang bayi untuk buang air kecil / buang air besar dapat berakibat kematian bayi (kandung kemih dapat benar-benar pecah jika tidak dirangsang untuk kosong!), Jadi pastikan Anda melakukan prosedur ini dengan rajin, lembut, dan sabar! Mungkin diperlukan beberapa minggu sebelum bayi mampu buang air kecil dan buang air besar sendiri. Perhatikan tanda-tanda kemerahan / iritasi di sekitar dubur dan uretrhal, yang menunjukkan Anda terlalu keras merangsang. Kurangi tekanan, dan pakai calendula salep (tersedia di toko-toko makanan kesehatan) untuk menyembuhkan iritasi.
Jika kotoran keluar cair atau “kotor”, ini adalah tanda yang berpotensi masalah serius. Konsultasikan dengan dokter hewan berpengalaman tentang tanda pertama diare, karena hal ini dapat berakibat fatal hanya dalam beberapa jam bagi bayi kelinci.
Satu sampai dua minggu:
5-7 cc / ml tiap-tiap makan (dua makan per hari). Jumlah akan tergantung pada kelinci, dan mungkin banyak KURANG jika bayi kecil.
CATATAN: Jangan membiarkan bayi kelinci meloloh di posisi duduk! Sekali bayi belajar, ia dapat menyusui begitu cepat bahwa itu mungkin baginya menelan volume terlalu besar untuk perut kecilnya. Meskipun tidak mungkin perut pecah, peregangan terlalu kencang dapat menyebabkan rasa sakit, gas, dan membuat bayi sakit. Lebih baik kurang memberi makanan sedikit daripada memberi makanan yg berlebihan. Jika ragu, biarkan bayi beristirahat selama sekitar satu menit setelah menyusui, kemudian menawarkan puting lagi. Ini memberikan waktu untuk peregangan reseptor untuk merespon dan membiarkan bayi tahu dia benar-benar penuh.
Dua sampai tiga minggu:
7-13 cc / ml tiap pemberian makan. Kelinci ‘mata terbuka sekitar 10 hari usia. Mulai memperkenalkan mereka pada timothy dan oat jerami, pelet dan air dalam piring dangkal.
Tiga sampai enam minggu: 13-15 cc / ml tiap pemberian makan. Seperti biasa, kuantitas dapat dikurangi tergantung pada ukuran kelinci.
CATATAN: Pada usia sekitar tiga minggu, bayi akan mulai untuk bereksperimen dengan makanan padat. Tidak hanya penting untuk terus memperkaya formula dengan kolostrum, tetapi pada tahap ini saatnya untuk memberi mereka dengan tanaman yang sehat, bebas parasit kelinci dewasa.
Menyapih
Bayi kelinci bayi akan mulai menggigit pada pellet dan makanan padat pada usia dua hingga tiga minggu, tapi ini bukan berarti mereka siap untuk disapih. Pada kenyataannya, Anda harus terus meningkatkan formula makan yang mengandung kolostrum untuk membantu mengendalikan pertumbuhan patogen yang berpotensi membahayakan dan juga sebagai memperkenalkan bayi kelinci atas bakteri baru ke dalam sistem mereka.
BabyAngora01
Jika bayi masih menginginkan untuk menyusui pada usia enam – delapan minggu, Anda dapat mulai untuk mencairkan formula dengan air minum yang bersih. Mulailah dengan 25% air hingga 75% susu formula, dan secara bertahap mengurangi persentase susu sampai bayi kehilangan minat. Ini kurang traumatis bagi Anda dan secara bertahap menyapih bayi mereka dengan cara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar