Kamis, 07 April 2011

PEMELIHARAAN BAYI KELINCI YATIM PIATU

 induk kelinci merawat bayi mereka selama 5 menit sehari. biasanya mereka menyusui pagi-pagi sekali dan kembali lagi malam hari. asi kelinci sangat kaya akan gizi dan bayi-bayi kelinci mengisi perut mereka dalam beberapa menit. induk kelinci tidak menindih bayi-bayi mereka untuk menghangatkannya. mereka membangun sarang dengan bulu dan rambut kering untuk menjaga bayi-bayi mereka agar tetap hangat. jangan memaksa induk kelinci untuk masuk dan duduk di dalam kotak. untuk memastikan apakah bati kelinci mendapatkan susu dari induknya atau tidak anda dapat mengangkat bayi kelinci dan melihat ke perutnya, apakah perutnya gendut atau tidak. jika perutnya terlihat gendut dan hangat berarti bati kelinci tersebut telah mendapatkan asi dari induknya. jika anda menemui kasus induk kelinci mati atau induk kelinci menolak untuk menyusui bayinya, anda dapt mencoba menyusuinya dengan susu pengganti untuk bayi kucing. untuk bayi kelinci yang betul-betul yatim piatu, ingatlah untuk memberi makan hanya dua kali sehari saja. kelebihan porsi makan adalah penyebab utama kematian bayi kelinci. karena dapat mengakibatkan penyakit usus yang fatal. sediakan sarang lembut di dalam kotak dengan handuk yang bersih.

berikut ini bisa dijaikan acuan dalam memberi makan bayi kelinci yang yatim piatu:
usia+jumlah (ini akan berfariasi tergantung jenis kelinci) gunakan KMR(kitten milk replacer), tambahkan sedikit prebiotik. berikan makan 2 kali sehari saja.

takaran:
<1 minggu: 2-2,5 ml/ sekali menyusui (2 kali pemberian susu dalam sehari)
1-2 minggu : 5-7 ml/ sekali menyusui ( 2 kali pemberian susu dalam sehari)
 2-3 minggu : 7-13 ml/sekali menyusui ( 2 kali memberi susu dalam sehari)
3-6 minggu : 13-15 ml/sekali menyusui ( 2 kali menyusui bahkan mungkin kurang. tergantung dari jenis kelinci)
catatan:

  • bayi kelinci berusia 3 minggu sudah mulai bisa makan, jadi sebaiknya siapkan makanannya agar si kelinci kecil bisa mulai belajar makan.
  • anda dapat menggunakan spoit untuk memberi makan si bayi kelinci
kelinci domestik biasanya disapih pada umur sekitar 6 minggu. selama bayi kelinci masih buta(matanya belum terbuka) setelah memberikan susu, anda harus merangsangnya untuk dapat berkemih dan buang air besar. cara yang dapat anda lakukan adalah dengan membasahi kapas dengan air hangat, lalu kemudian mengusapkan perlahan ke bagian lubang penbuangan kelinci sampai mereka berkemih dan mengeluarkan kotoran. hal ini biasa dilakukan oleh induk kelinci dengan cara menjilati bagian lubang pembuangan bayi-bayinya.

bayi kelinci yang yatim piatu ataupun tidak disusui oleh induknya bisa dirawat walaupun tingkat kematian yang tinggi.mereka harus tetap hangat, kering dan tenang. makanan pengganti atau sus formula dapat diberikan. 1/2 cngkir susu cair, 1/2 cangkir air, 1 kuning telur dan 1 sdm sirup jagung dapat diberikan. porsi makan dapat disesuaikan sesuai dengan usia bayi kelinci mulai dari 1/2 sdt-2 sdt. bayi kelinci sudah mulai makan hijauan pada usia 15-18 hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar