Senin, 20 Desember 2010

Pembiakan Kelinci

Postur tubuh kelinci jantan dan betina dalam satu jenis sulit dibedakan. Perbedaan tersebut hanya bisa dilihat dari alat kelamin yang berbeda dekat selengkangan kaki. Kelinci betina memiliki alat kelamin berupa bulatan bergaris merah dan jika ditekan tidak akanberubah panjang. Sedangkan kelinci jantan mempunyai alat kelamin yang jika ditekan akan memanjang keluar dan dilengkapi 2 bulatan seperti daging tumbuh.

Kelinci yang bisa dijadikan indukan adalah berumut 4-5 bulan dan pilih yang bobotnya paling besar diantara saudara kandungnya yang lain. Untuk mengetahui kelinci betina siap kawin, maka perlu dilakukan pengecekan setiap hari. Ciri-cirinya, alat kelamin berwarna merah tua. Selanjutnya 1 ekor betina yang siap kawin dimasukkan ke kandang dengan 1 ekor kelinci jantan. Proses perkawinan akan terjadi dalam 1 menit. Keberhasilan proses perkawinan ditandai dengan rebahnya tubuh kelinci jantan setelah kawin. Biasanya sehari 1 ekor jantan bisa mengawini 4-10 ekor kelinci betina selang waktu 2 jam sekali secara bergantian.

Betina yang telah dikawini langsung dipisahkan dari pejantan. Setelah 2 minggu nafsu makan betina akan bertambah, sehingga pemberian pakan pun sedikit bertambah, sekitar 1,5 genggam tangan manusia dewasa. Hal tersebut menandakan kelinci betina hamil. Jika perut kelinci betina diraba saat 3 minggu setelah kawin maka akan terasa ada benjolan seperti kelereng. Kelinci akan melahirkan anaknya setelah usia kehamilan 1 bulan. Anak kelinci 60% mirip indukan kelinci jantan.

Satu ekor betina dapat melahirkan sebanay 4-10 ekor anakan dengan tingkat mortalitas (kematian) sekitar 40%. Sebaiknya 3 hari sebelum anak kelinci lahir, disediakan kotak khusus anakan, berupa kotak kayu tanpa tutup ukuran 20 x 30 cm. Kotak kayu itu kemudian dimasukkan kedalam kandang kelinci betina yang akan melahirkan.

Saat anaknya lahir secara alamiah, induk betina akan merontokan bulunya sendiri agar anak-anaknya tetap hangat dari bulu hasil rontokan. Sampai usia 2 minggu anak kelinci hanya meminum susu ibunya. Barulah setelah itu ikut makan pakan induknya sedikit-sedikit. Kelinci betina yang baru melahirkan lebih sering menyusui pada malam hari.

Umur 2 bulan anakan bisa dipisahkan/disapih dari induknya. Namun jika ingin mengejar produksi, induk betina yang kelaminnya merah tua lagi setelah 2 minggu malahirkan anaknya, bisa dikawinkan lagi dan bisa langsung dipisahkan dari anaknya. Tidak perlu khawatir dengan anaknya, karena si anak kelinci bisa dititipkan pada indukan lain untuk menyusu. Anak-anak tersebut tidak akan dilukai oleh indukan betina yang berbeda. Setelah umur 2 bulan keatas siap untuk dijual.

Rata-rata masa produktif kelinci untuk berkembang biak sampai umur 3 tahun. Sedangkan jumlah anak yang lahir dari indukan tidak dibatasi. Rata-rata anakan yang lahir sekitar 4 - 10 ekor tergantung jenis kelincinya. Misalnya jenis Rex anaknya 6 ekor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar